Pemkot Bima Serahkan Hibah Tanah pada HAB Kemenag Ke 77 Tahun 2023

Iklan 970x250 px

.

Pemkot Bima Serahkan Hibah Tanah pada HAB Kemenag Ke 77 Tahun 2023

Rabu, 04 Januari 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH menghadiri acara malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Tingkat Provinsi NTB Ke-77 Tahun 2023, dirangkaikan dengan penyerahan dokumen sertifikat hibah lahan berupa dokumen sertifikat dari Pemerintah Kota Bima kepada Kementerian Agama, di Gedung Convention Hall Paruga Na'e, pada Selasa, 3 Januari 2023 malam.


Pelaksanaan Hari Amal Bhakti Kemenag Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023 dipusatkan di Kota Bima dan Kabupaten Bima, kemudian pada pagi tadi telah dilaksanakan Apel Hari Amal Bhakti Ke 77 di halaman Kantor Bupati Bima.


Pada momen Hari Amal Bhakti Kemenag Ke 77 Tahun 2023, Pemerintah Kota Bima menyerahkan hibah tanah berupa dokumen sertifikat Tanah kepada Kementerian Agama, diantaranya, serifikat Kantor Kemenag Kota Bima, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Raba dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Asakota.


Mengawali sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH mengatakan, ucapan terima kasih kepada keluarga besar kemenag, lebih khusus kepada Kakanwil Provinsi NTB, karena malam ini telah memilih Kota Bima sebagai tempat pelaksanaan tasyakuran HAB ke 77.


"Saya mengajak kepada seluruh keluarga besar kemenag, melalui HAB ke 77 tahun ini sebagai momen kita untuk mengingat kembali jasa para pendahulu sebagai pendiri kementerian agama 77 tahun yg lalu," ajaknya.


Selain itu lanjutnya, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mari kita maknai tugas kita ini semata-mata amal ibadah dihadapan Allah SWT, dengan cara bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas. Jika itu kita lakukan, kita bisa mendapatkan rahmat Allah, apabila didalam setiap pekerjaan itu kita mau hadirkan dan melibatkan allah dalam diri kita.


"Pemkot Bima siap mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh kemenag, hal itu terbukti telah menghibahkan 3 tempat, yaitu tanah kantor kemenag saat ini yang sudah ditempati, kemudian tanah kantor KUA, dan tanah KUA Kecamatan Asakota," ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut juga, beliau mengharapkan do'a dari seluruh masyarakat, lebih khusus kepada kemenag yang ada di Provinsi NTB, karena dalam waktu dekat ini, Kota Bima akan segera berdiri kampus IAIN Bima.


"Alhamdulillah, berkat bantuan dan do'a dari semua pihak, seluruh administrasi di kemenag sudah selesai, tahun ini insya allah akan menerima mahasiswa baru, tempat sementara yakni di SMP Negeri 1 Kota Bima," ujarnya disambut riuh tepuk tangan.


Kata beliau, yang ditunggu saat ini adalah SK Hibah Tanah dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, karena lahannya merupakan lahan tutupan negara di Kelurahan Kumbe, SK pengalihan sudah keluar seluas 52 hektar, sekarang proses SK hibah dari Kementerian Lingkungan Hidup ke Pemetintah Kota Bima.


"Nanti setelah sertifikatnya sudah terbit, Pemerintah Kota Bima langsung memberi nama sertifikatnya atas nama Kemenag, milik Kementerian Agama," tutupnya.


Sementara itu, Plt. Kepala Kemenag Wilayah Provinsi NTB, H. Zamroni Azis, S.Ag, MH, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Wali Kota Bima dan Bupati Bima atas semua dorongan, motivasi dan fasilitasnya sehingga pelaksnaan HAB Ke 77 tahun ini terlaksana dengan baik, maksimal, dan luar biasa yang dihadiri ribuan peserta.


"Ucapan terima kasih juga kepada kepala kantor kemenag Kota Bima dan Kabupaten Bima, yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan HAB bisa terlaksana dengan baik, insya allah pelaksanaan Hari Amal Bhakti tahun depan akan dipusatkan di Kabupaten Dompu," tutupnya.


Malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti Kemenag yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall Paruga Na'e tersebut dihadiri oleh kepala perangkat daerah lingkup Kota dan Kabupaten Bima, Kakanwil Kemenag Provinsi NTB, Asisten II Kabupaten Bima, Kepala Kemenag Kota dan Kabupaten Bima, Wakapolres Bima Kota, Dandim 1608 Bima melalui Kolonel Inf Seninot Sribakti, Ketua Pengadilan Agama Raba Bima, Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB Mori Hanafi, SE, M.Com, Ketua FKGK Bima, Ketua MUI Kota Bima, dan Ketua FKUB Bima. (SB.K)