SDN 10 Penatoi Terapkan Sistem Kerja Rutin Untuk Motivasi Siswa

Iklan 970x250 px

.

SDN 10 Penatoi Terapkan Sistem Kerja Rutin Untuk Motivasi Siswa

Rabu, 08 Maret 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Sekolah merupaka lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jenjang pendidikan formal, baik dalam bentuk sekolah negeri (dikelola pemerintah) maupun swasta.


Pendidikan ini pula, merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Negara kita yaitu Indonesia. Yang mana kita ketahui bersama, bawasannya dengan seseorang mengenyam bangku sekolah maka, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini.


Sebenarnya pendidikan itu dapat kita peroleh dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kita sebagai manusia hendaknya mau menyadari hal tersebut. 


Namun disetiap sekolah juga banyak menerapkan jadwal tambahan belajar agar anak tetap berkarya dan berinovatif demi kamajuan sekolah itu sendiri, seperti halnya dilakukan oleh SDN 10 Penatoi Kota Bima menerapka  jadwal untuk membimbing peserta didik.


Disekolah tersebut, para guru dan kepala Sekolah sebelum masuk kelas melaksanakan kegiatan rutinitas dipagi hari agar peserta didik lebih efektif untuk membantu dalam memberikan konsistensi dan produktivitas dalam pengalaman belajar anak.


Salah satunya kegiatan Literasi yang dilaksanakan tiap hari Kamis. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, latihan tari, dan/atau berbicara. 


"Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran," ungkap Kepala Sekolah Afrianti, S.pd kepada media saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (8/3).


Afrianti menjelaskan, bahwa dewan guru pada kegiatan literasi menggunakan baju seragam adat guna menyatu dengan kegiatan seni tari yang dilaksanalan oleh pesesrta didik.


Kemudian disekolah tersebut juga menerapkan "Hajujati" yakni Hari Jum'at Imtaq dan Infak, program ini salah satu program yang dilaksanakan di SDN 10 Penatoi Kota Bima.


Dan yang terkhir kata Afrianti yakni "Samporo" Senam Pagi dan Gotong Royong dilaksanakan setiap hari Sabtu. Para peserta didik melaksanakan kegiatan rutinitas agar konsisten dan terus berupaya untuk meningkatkan, kualitas sumber daya manusia sejak dini, baik dari segi kesehatan maupun ksecerdasan.


"Selain kegiatan yang disebutkan, pada hari Senin sampai kamis, siswa melaksanakan sholat berjama'ah disekolah sebelum pulang. Dan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa kami apload melalui website resmi milik sekolah kami," ujarnya. (SB01)