Polsek Pekat Sukses Kawal Kick Off Vaksinasi Massal PMK

Iklan 970x250 px

.

Polsek Pekat Sukses Kawal Kick Off Vaksinasi Massal PMK

Selasa, 14 Februari 2023

 

Suara Bima

Dompu,- BERTEMPAT di Padang Savana Doro Ncanga, Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Personil Polsek Pekat sukses melakukan pengawalan jalannya  Kick Off Vaksinasi Massal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sekaligus Penandaan Hewan Ternak Kuota Kabupaten Dompu, Senin (13/2/2023) sekira pukul 14.30 Wita.

 

Kegiatan yang bersifat monumental ini sendiri dihadiri langsung oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani bersama Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTB Dr H. Khaerul Akbar M.Si, dengan capaian tak kurang dari 4.058 ekor ternak berhasil divaksinasi.

 

Kapolsek Pekat, Ipda Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos., dalam uraian tertulisnya ia menyebutkan, bahwa yang turut serta bersama rombongan pejabat teras saat kegiatan antara lain, Dandim 1614  Dompu Letnan Kolonel Kavaleri Taufik ,S.Sos., Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos,.

 

Lanjutnya, tampak pula, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bahtiar Amd.par., Sekertaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan,M.Kes., PLT Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Dompu  Muh. Abduh SE., M.Si serta beberapa pejabat umum lingkup Pemda Dompu.

 

Kata Kapolsek, pengawalan itu dipandang perlu untuk dilakukan, mengingat kegiatan ini sifatnya monumental. Sebab, kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Dompu serta Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTB.

 

"Sebagaimana paparan Kadis Peternakan Provinsi NTB yang menyebutkan bahwa, Kegiatan kick of vaksinasi massal yang dilaksanakan di Kabupaten Dompu ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Provinsi NTB," ungkap Kapolsek.

 

Lanjutnya, program tersebut tak lain sebagai bentuk dorongan Pemerintah Provinsi dalam rangka memajukan potensi peternakan yang ada di Kabupaten Dompu, lebih-lebih mendukung program unggulan Pemkab Dompu yang disebut sebagai Program Jara Pasaka.

 

"Untuk kegiatan vaksinasi Massal ini, dana yang diberikan untuk Kabupaten Dompu sebanyak 4,5 Milyar sedangkan untuk penandaan ternak kami berikan sebanyak 2,7 Milyar," jelas Kapolsek sebagaimana diuraikan Khairul Akbar dalam paparannya.

 

Belum lagi, lanjut dia, perlunya pengawalan mengingat ternak yang divaksinasi berjumlah ribuan ekor dari seluruh populasi ternak sebanyak sekitar 31.000 ekor seperti yang disampaikan oleh Bupati Dompu dalam sambutannya.

 

"Dari data yang dibacakan, jumlah kasus PMK di Kabupaten Dompu sebanyak 4.058 ekor dan berkat kerja keras petugas di lapangan penyakit PMK bisa diatasi dengan baik," ungkap Kapolsek.

 

Sementara itu, tambah Kapolsek, menanggapi program, Bupati H. Kader Jaelani tampak mengapresiasi serta menyampaikan ungkapan terima kasih pada rombongan Tim Dinas Peternakan Provinsi NTB yang tak lain untuk menjaga potensi ternak Kabupaten Dompu dari ancaman PMK itu sendiri.

 

"Program ini adalah program Pusat untuk  menjawab ke khawatiran  petani ternak  agar hewan ternaknya tidak Terdampak penyakit mulut dan kuku agar tidak merugikan petani tersebut," urai Kapolsek mengutip pernyataan Bupati Kader Jaelani.

 

Sehingga, Dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini yang saya baca adalah hewan ternak tidak akan maksimal gemuknya badannya tetap kurus  dan ujung ujugnya hewan ternak akan mati itu yang membuat kebanyakan petani ternak merasakan ke khawatiran

 

"melalui program inilah pemerintah membantu masyarakat," pungkas Kapolsek.

 

Kegiatan Kick Off Vaksinasi massal PMK  dan penandaan ternak Kabupaten Dompu, yang langsung dibuka simbolis oleh Bupati Dompu tahun 2023 berakhir pukul 15.10 Wita berjalan aman dan kondusif. (SB04)