Sejumlah Pohon Dilintas Jalan Mande-Rabangodu Dikhawatirkan Patah dan Tumbang

Iklan 970x250 px

.

Sejumlah Pohon Dilintas Jalan Mande-Rabangodu Dikhawatirkan Patah dan Tumbang

Jumat, 01 Desember 2023

Kota Bima,- Sejumlah Pohon dilintas Jalan Kelurahan Mande-Rabangodu dikhawatirkan tumbang, betapa tidak pohon besar tumbuh dibahu jalan itu pada bagian batangnya terlihat dibakar dan mati sebagian.


Melewati jalur persawahan yang menghubungkan antara Mande tiga Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda ke Kelurahan Rabangodu Selatan atau tembus menuju jalur Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima kerap kali kita menjumpai beberapa pohon besar tumbuh dibahu jalan. Seakan jika dilihat saat diterpa atau dihembus oleh angin pohon itu seperti mau patah dan tumbang dengan sendirinya. 


Kurniawan warga Kelurahan Mande yang melewati jalan itu mengaku, sering melintas dijalan tersebut. Karena setiap hari dirinnya harus mengantar dan menjemput anaknya mengaji di Masjid Al-Muttaqin Kelurahan Rabangodu.


"Saya sering lewat dan melihat pohon besar itu, disaat musim hujan disertai angin kencang seperti saat ini bisa saja pohon itu patah dan tumbang mengenai pengguna jalan," ungkapnya


Kurniawan menyebutkan, kurang lebih ada tiga pohon besar ditempat itu, kondisinya membahayakan. Sebab dilihat dari bentuk batangnya kemungkinan sengaja mau dimatikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara dibakar, bahkan dikelupasin kulit luar batang besarnya agar tidak hidup.


Karena dianggap membahayakan pihaknya meminta kepada pemerintah Kota Bima melalui Dinas teknis yang menangani pohon tersebut, agar para penggunan jalan tidak menjadi korban.


"Mungkin kalau bisa, Pemerintah Kota Bima harus segera turun ke lokasi, supaya melihat langsung kondisi pohon ini. Jika tidak ditangani dikhawatirkan penggunan jalan atau orang-orang yang lewati jalan itu jadi korban. Atau tidak semestinya harus menunggu ada korban baru ditangani," ujarnya (SB01)