Bangun Kesepahaman Dengan Media Massa, Bawaslu Kota Bima Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Bangun Kesepahaman Dengan Media Massa, Bawaslu Kota Bima Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

Kamis, 06 September 2018

Kota Bima, Suara Bima.-
Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima menggelar Sosialisasi pengawasan pada pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 dengan Media massa baik cetak, Elektronik maupun Media Online. Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan Wartawan Bima itu dilaksakana diaula Vila Kosambo, Rabu 5 September 2018.

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaimin, S. Pd. I mengatakan, bahwa media massa mempunyai peran penting mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Terutama dalam hal mempublikasikan dan menyajikan sebuah berita.

"Hal ini sudah kami rasakan sebelumya pada Pilkada Kota Bima, sehingga fungsi kontrol media menjadi bagian penting pada Pemilu tahun 2019 ini," ungkapnya

Muhaimin menjelaskan, terkait dengan tugas Bawaslu terhadap pengawasan Pemilu, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran mengenai himbauan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Sehingga pencegahan dapat dilakukan lebih awal. 

"Sebelumnya kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Stakeholder serta menyampaikannya kepada seluruh pimpinan partai politik terkait penertiban APK," ujarnya. 

Setiap melakukan penertiban lanjutnya, Bawaslu bekerjasama dengan anggota Sat Pol PP dan dibantu oleh TNI, Polri untuk membersihkan alat peraga kampanye. 

"Sesuai UU, kewenangan Bawaslu adalah mengambil tindakan, tentunya sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam UU Nomor 7 tahun 2017 dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Apabila terjadi kampanye tidak sesuai aturan," jelasnya

Ia berharap, peran media juga dapat membantu dalam upaya mengawasi pencegahan melalui informasi pemberitaan, agar penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan sukses. 

Sementara Komisioner Bawaslu Kota Bima Asrul Sani, SE mengharapakan dukungan dari pihak media, agar selalu memberikan informasi. Sehingga dalam proses pemilu 2019 akan tertap berjalan sebagaimana mestinya.

"Sampai saat ini kami sebagai Bawaslu, selalu mengawasi dan bekerja. Dan mengharpakan teman-teman media agar secara bersama-sama membangun kesepaham demi mewujudkan pemilu yang sukses," harapnya. (SB01)