Kota Bima Berhasil Dapatkan Penghargaan Kota Layak Anak Dari Kemen PPPA RI

Iklan 970x250 px

.

Kota Bima Berhasil Dapatkan Penghargaan Kota Layak Anak Dari Kemen PPPA RI

Kamis, 29 Juli 2021

Kota Bima,- Pemerintah Kota Bima dibawah kepemimpinan Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si yang dilaksanakan secara virtual  pada Kamis 29 Juli 2021. Pengumuman penghargaan tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah di Indonesia.

 

Pemerintah Kota Bima dihadiri oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dengan didampingi Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Dinas PP dan PA Kota Bima, dan Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Bima di Aula Kantor Wali Kota Bima. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah Kota Bima dikarenakan Pemkot Bima memiliki komitmen yang kuat dalam hal pemenuhan hak anak dan perlindungan melalui dukungan dalam hal kelembagaan melalui Perda, Perwali, Kebijakan, mendorong gugus tugas KLA, mengoptimalkan 5 kluster, dan 24 indikator KLA, antara lain. Kluster Hak Sipil dan kebebasan, kluster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, kluster perlindungan khusus. 


Dalam sambutannya KemenPPPA RI menyampaikan selamat kepada seluruh kepala daerah atas sumbangsih dan kerja nyatanya demi memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayah kerjanya masing-masing. Dari 275 kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat kabupaten/kota Layak Anak baik tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.


“Kami menyadari bahwa untuk mencapai hal tersebut bukanlah perjuangan yang mudah, karena membutuhkan komitmen yang kuat, proses yang panjang serta pengorbanan dari seluruh pihak demi terlindunginya anak-anak di daerah masing-masing”, ujar KemenPPPA RI.


Dirinya berharap predikat KLA ini memberikan manfaat besar bagi perempuan dan anak serta menjadi inspirasi, motivasi, kekuatan dan dorongan semua khususnya kabupaten, Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia untuk menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas untuk mewujudkan “Anak Terlindungi Indonesia Maju”.


Sementara itu, mengharapkan bahwa ke depannya Kota Bima bisa memberikan lebih banyak perhatian kepada anak-anak di Kota Bima, dari yang ada pada saat ini. Khususnya memberikan perlindungan yang lebih, pendidikan dan prasarana untuk anak-anak di Kota Bima. Sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus masa depan Kota Bima.


Lebih lanjut Wali Kota mengharapkan, agar Kota Bima kedepan bisa meningkatkan peringkatnya dari Pratama ke Madya, dan juga bisa mendapatkan penghargaan sekolah ramah anak terbaik. (SB.P)