4 Kali Berturut- turut Kota Bima Raih Juara 1 Terbaik PPD Dari Bappenas RI

Iklan 970x250 px

.

4 Kali Berturut- turut Kota Bima Raih Juara 1 Terbaik PPD Dari Bappenas RI

Selasa, 09 Mei 2023
suara bima

Kota Bima,- Pemerintah Kota Bima dibawah kepemimpinan H.Muhammad Lutfi Wali Kota Bima meraih juara 1 terbaik selama 4 kali berturut  turut mendapat Penghargaan  pembangunan Daerah PPD dari Bappenas RI.


HML begitu sapaan singkat H. Muhammad Lutfi menjadi Walikota Bima benar benar memberikan kemajuan yang signifikan untuk pembangunan daerah Kota Bima.


Walikota Bima melalu Kadis Kominfotik H Mahfud menyampaikan keberhasilan yang diraih tersebut dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif melalui Penghargaan Pembangunan Daerah.Terang Mahfud Selasa 9/5/2023.


Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota setiap tahun. Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan khususnya pada Pemerintah kota Bima.


“Kegiatan PPD ini sebelumnya dikenal dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN), yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu". ujar H. Mahfud


Masih Kata H.Mahfud, mulai tahun 2018, APN berubah nama menjadi PPD yang penilaiannya tidak hanya pada aspek perencanaan, namun juga meliputi pencapaian pelaksanaan pembangunan. Kegiatan PPD dikoordinasikan oleh Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas.


Tujuannya adalah Mendorong pemerintah daerah untuk menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.


Mendorong integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah.


Mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan.Ungkapnya.


Adapun manfaat dari PPD Bagi Pemerintah Pusat, PPD memperkuat koordinasi dan sinkronisasi untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah.


Bagi Pemerintah Daerah, PPD memberikan motivasi dan pembelajaran untuk pembangunan daerah yang lebih berkualitas


Bagi non – Pemerintah, PPD memberikan akses informasi dan keterlibatan akademisi, Non Government Organisation (NGO), professional, jurnalis, dan masyarakat dalam pembangunan daerah.Tutupnya.(SB.*).