Pemkab Bima Respon Laporan Warga Terkait 2 Rumah Roboh Akibat Diterjang Angin

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bima Respon Laporan Warga Terkait 2 Rumah Roboh Akibat Diterjang Angin

Selasa, 15 Oktober 2019

Bima, Suara Bima.- Setelah mendapatkan laporan dari warga masyarakat yang berada di RT. 08/04 dan di RT. 09/04 di dusun Oi Lanco Desa Tolouwi Kecamatan Monta tadi malam, Pemerintah kabupaten Bima langsung merspon dan turun ke lokasi. 

Pasalnya, pada Selasa 15 Oktober 2019 dua orang utusan Bupati Bima yakni Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan Rakayat dan Kawasan Permukiman bapak Syaifulllah, S.Sos, ME dan Kabag Humas dan Protokol Setda Bima M. Chandra Kusuma, AP langsung terjun ke lokasi guna mengecek keberadaan 2 (dua) rumah warga yang Roboh.
Berdasarkan hasil tinjau Kabid Perumahan Rakyat, Kabag Humas dan Protokol serta Kepala Dusun setempat, pemilik rumah yang diterjang angin tersebut merupakan milik bapak Akhmad dan Ibu Farida. Rumah kayu 12 tiang tersebut ternyata Rubuh dan perlu mendapatkan bantuan untuk membangun kembali.

Menurut cerita pemilik rumah Akhmad bahwa, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 12.00 Wita malam, tiba-tiba angin berhembus kencang dan merobohkan rumah. Untung saat itu dirinya tidak berada dirumah.

"Rumah yang kami tempati saat ini sudah tidak layak lagi untuk ditempati, sebab tiang penyangga sudah tidak dapat lagi menopang. Kami hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bima dapat memberikan bantuan agar bisa membangun kembali rumah layak huni untuk dapat ditempati bersama keluarga," ungkapmya

Akhmad juga mengakui jika dirinya tergolong orang yang tidak mampu, karena dari mata pencaharian sehari-hari hanyalah sebagai tukang buruh bangunan.

Akibat dari musibah tersebut Akhmad hanya bisa pasrah. Saat ini rumah tetangga jadi penginapan sementara dan itu pun cuma nupang, sambil menunggu uluran tangan dari pemerintah dan para dermawan.

Sementara Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Syaifullah, S.Sos, ME di sela – sela peninjauan tersebut menyampaikan bahwa kedatangan dirinya dalam rangka untuk melihat dari dekat keberadaan 2 (dua) rumah yang rubuh milik bapak Akhmad dan Ibu Farida, atas perintah langsung dari Bupati Bima.

"Kami selaku kepala Bidang pada Dinas PERKIM langsung merespon. Dari tinjauan yang kami lakukan ini, kami harapkan kepada kepala Dusun agar terlebih dahulu mendata apa saja yang dibutuhkan sehingga dari data atau proposal tersebut dapat dibawa kekami dalam rangka untuk menindaklanjuti keberadaan pembangunan rumah milik dua warga tersebut," ujarnya

Kemudian terkait data atau proposal yang dimintai tersebut dalam rangka upaya untuk menghitung berapa jumlah bantuan yang diberikan kepada kedua korban. Sehingga dari data yang disampaikan maka pembangunan rumah dapat dilaksanakan. 

Ia berharap kepada kedua warga yang mengalami musibah ini, agar tetap bersabar menerima cobaan ini "Karena musibah ini merupakan ujian dari Tuhan Yang Maha Esa," tandasnya (SB03)