Diskominfotik Kota Bima Gelar Bimtek Kim

Iklan 970x250 px

.

Diskominfotik Kota Bima Gelar Bimtek Kim

Selasa, 02 Agustus 2022
Diskominfotik Kota Bima Gelar Bimtek Kim

Kota Bima,-  Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Senin, 1 Agustus 2022 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan (KIM). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima. Turut dihadiri oleh Sekretaris, Kabid Kominfotik, Kabid TIK, Kabid Statistik beserta jajaran Diskominfotik Kota Bima.

 

Acara bimbingan teknis tersebut mencakup penyelenggaraan tugas dan fungsi tenaga informasi dan teknologi di 41 kelompok KIM pada masing-masing kelurahan di Kota Bima. Pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut sebagaimana didasarkan pada Peraturan Walikota Bima Nomor 9 Tahun 2020.

 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd menyampaikan Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan akan berkolaborasi dengan Rumah Aspirasi bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

 

"Saya berharap KIM Kelurahan juga dapat berpartisipasi aktif di Rumah Aspirasi", harapnya.

 

Karena di tahun 2023, pemerintah Kota Bima memiliki program setiap kelurahan memiliki akses WiFi gratis. Hal ini agar bisa menjadi semangat baru membangun kolaborasi di kelurahan yang ada.

 

"Kami merencanakan disetiap kelurahan akan dipasang WiFi gratis", tambahnya.

 

Lebih lanjut, Kadis Kominfotik mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat disamping menjalin komunikasi dua arah dengan pemerintah, KIM juga diharapkan dapat membangun komunikasi tiga arah yakni antara KIM dengan pemerintah, dan antara KIM dengan masyarakat. Karena nantinya akan memantau sekaligus mengevaluasi WiFi gratis dari Pemerintah Kota Bima, baik dari efisiensi keberadaannya, maupun dari efisiensi penggunaannya oleh masyarakat.

 

Di akhir sambutannya, H. Mahfud berharap KIM nanti dapat diberdayakan mengelompokan informasi dengan Command Center. Sebab, Pemerintah Kota Bima kedepannya akan lebih banyak menggunakan IT dalam berbagai bentuk pelayanan.

 

"Saat ini, kita berada pada sistem berbasis elektronik. Tidak ada lagi datang melapor, cukup lewat Kelompok Informasi Masyarakat masuk di Command Center Kota Bima, kemudian OPD/Badan terkait akan menanggapi dan merespon dengan cepat keluhan dimasyarakat", jelasnya.

 

Peserta yang hadir bersumber dari tenaga admin tiap kelurahan yang menjadi anggota KIM dan berasal dari masyarakat, yang telah terakomodir sebelumnya dengan jumlah sebanyak 41 orang. (SB.1K)