Intensitas Hujan Tinggi, Dikabarkan Beberapa Kelurahan di Kota Bima Tergenang Air

Iklan 970x250 px

.

Intensitas Hujan Tinggi, Dikabarkan Beberapa Kelurahan di Kota Bima Tergenang Air

Senin, 05 Desember 2022
Suara Bima

Kota Bima,- Hujan deras kembali mengguyur Kota Bima dan sekitarnya pada Minggu, 4 Desember 2022. Dikabarkan beberapa Kelurahan di Kota Bima tergenang air dari hasil luapan sungai dan saluran drainase.


Kepala Pelaksana BPBD, Sukarno, SH mengungkapkan dengan intensitas hujan yang cukup lama mengakibatkan terjadinya luapan sungai dan genangan air dibeberapa kelurahan di Kota Bima, diantaranya; Kelurahan Jatibaru Barat, Kelurahan Nae, Kelurahan Jatiwangi, Kelurahan Ule, serta Kelurahan Melayu dengan ketinggian genangan berkisar 10-60 cm.


"Hujan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang cukup lama menyebabkan meluapnya sungai dan saluran drainase di beberapa kelurahan," ungkapnya


Seperti yang diketahui bahwa Kota Bima setiap tahunnya selalu disapa oleh banjir. Hal ini disebabkan karena intesitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang lama, adanya penggundulan hutan serta daya tampung drainase yang kurang maksimal.


Untuk itu, Pemerintah Kota Bima dibawah BPBP melakukan upaya-upaya untuk mengurangi banjir yang terjadi sore kemarin.


"Dengan memantau peringatan dini dari BMKG, peringatan dini melalui Handy Talkie (HT) dan WhatsApp Group, melakukan komunikasi dengan relawan (TSBK, PTTB dan Masyarakat yang berada di lapangan, melakukan asesmen dan kajian cepat terhadap bencana serta koordinasi dengan OPD terkait," jelas Kalak BPBD. (SB.K)