Ketua Dekranasda Kota Bima Bagikan Bahan Benang Kepada 130 Penerima Pengrajin Tenun di Kendo

Iklan 970x250 px

.

Ketua Dekranasda Kota Bima Bagikan Bahan Benang Kepada 130 Penerima Pengrajin Tenun di Kendo

Selasa, 04 Juli 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Eliya H. Muhammad Lutfi menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan benang kepada Pelaku Usaha Tenun, bertempat di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba. Senin, 3 Juli 2023.


Pada acara pembagian bantuan tersebut, hadir Camat Raba, Lurah Kendo, Ketua PKK Kelurahan Kendo, Karang Taruna, RT, RW serta tokoh wanita.


Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Eliya H. Muhammad Lutfi menyampaikan, pada hari ini kelurahan Kendo merupakan kelurahan pertama yang mendapatkan bantuan benang dari Dekranasda, karena pada tahun sebelumnya Kelurahan Kendo tidak termasuk dalam kelompok tenun binaan Dekranasda Kota Bima.


"Alhamdulillah, saat ini Kendo mendapatkan sebanyak 130 ikat benang tenun untuk 13 kelompok yang diperuntukkan bagi 130 orang penerima manfaat," ujarnya.


Hj. Eliya menjelaskan, setiap tahun Dewan Kerajinan Nasional dan Daerah Kota Bima selalu memberikan bantuan benang bagi penenun, bantuan ini sebagai upaya dan perhatian dekranasda meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat melalui penjualan tenun yang dari tahun ke tahun banyak diminati.


Menurutnya, apalagi ditambah dengan adanya festival rimpu yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bima selama 3 tahun berturut-turut sangat memberikan dampak serta manfaat yang luar biasa bagi usaha tenun di Kota Bima.


"Alhamdulillah, dari 11 kelurahan yang menjadi wilayah sasaran binaan dekranasda, ditambah kelurahan Kendo menjadi 12 kelurahan," ucapnya.


Ia berharap dengan adanya bantuan benang ini agar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya bagi pengrajin tenun.


"Saya juga berharap kepada ibu-ibu, disamping menenun sarung tembe nggoli, kiranya dapat berkreativ dengan menjahit gaun yang terbuat dari bahan benang nggoli," pintanya.


"Insya Allah, Nggoli dari Bima saat ini sangat diminati semua orang, saya sangat bangga dan percaya diri jika mengenakan baju berbahan tenun Bima," tutupnya. (SB.K)