Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Ke-XVI Tingkat Kota Bima

Iklan 970x250 px

.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Ke-XVI Tingkat Kota Bima

Rabu, 23 Agustus 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-XVI Tingkat Kota Bima Tahun 2023.


Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-XVI Tingkat Kota Bima Tahun 2023 ini dipusatkan di Kecamatan Rasanae Timur yaitu di Terminal Kumbe Kelurahan Kumbe Kota Bima pada Selasa, 22 Agustus 2023.


Pembukaan MTQ Ke XVI Tingkat Kota Bima diawali dengan Pawai Ta'ruf dimulai dari Lapangan Pahlawan Raba dan berakhir di Arena MTQ di Terminal Kumbe yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah dan tenaga pendidik dari berbagai tingkatan se-Kota Bima.


Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi merasa bangga karena setiap kegiatan keagamaan masyarakat Kota Bima selalu ikut berpartisipasi serta ikut meramaikan. Hal ini menandakan masyarakat kita tetap menjaga semangat keagamaannya.


"Mari kawal bersama, mari terus memupuk kebersamaan seperti ini sebagai bagian ikhtiar kita bersama mewujudkan Kota Bima yang religius," ujar HM. Lutfi saat menyampaikan arahanya pada pembukaan MTQ.


HM Lutfi menambahkan, yang lebih membanggakan lagi, festival haflah satu bulan yang lalu dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai pelosok Kota Bima. Hal tersebut menjadi satu fenomena bahwa masyarakat rindu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an.


Menurutnya, dalam kepemimpinannya tidak memberikan satu kepuasan atau dalam kata lain tidak bisa memuaskan seluruh masyarakat dengan anggaran yang bisa dikatakan keluasan fiskalnya tidak memadai.


"Belanja pegawai kita sudah mencapai angka 56%, keluasan fiskalnya tidak sehat sebagai satu daerah. Artinya butuh kerja keras Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk membangun Kota Bima," ucapnya.


Ia mengaku bangga dimandatkan oleh masyarakat Kota Bima untuk memimpin Kota Bima, walaupun dengan anggaran terbatas, namun kita berusaha membangun kota ini sejajar dengan kota-kota lainnya.


Tepat di Hari Ulang Tahunnya yang ke 52 Tahun, Allah SWT memberikan hadiah yang luar biasa yaitu penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023 dari Menteri Dalam Negeri yakni Juara 1 Regional IV Tingkat Nasional Lomba Kelurahan dan Desa.


"Ada seberkas sinar bahwa Kota Bima mulai menapakkan kakinya dipentas nasional melalui prestasi dan penghargaan yang sering dicapai. Hal ini bukan berkat kerja keras siapa-siapa, melainkan kerja keras birokrasi dan seluruh masyarakat kita, bukan hasil kerja keras orang per orang," tuturnya.


Pada kesempatan tersebut, HM lutfi mengaku bangga bahwa Kota Bima telah memiliki satu data namanya SIMATIK yang belum pernah ada di Indonesia, belum ada di kota manapun, hanya ada di Kota Bima. Ini dirancang kurang lebih 3 tahun.


"Semua kebijakan-kebijakan kita nanti dalam mengambil keputusan sudah tidak lagi berdasarkan subjektif dari pada orang per orang, namun berlandaskan data. Muskel tingkat kelurahan nanti sifatnya untuk melegetimasi saja".


Turut hadir mendampingi Wali Kota Bima yakni Ketua TP-PKK Kota Bima Hj. Eliya H. Muhammad Lutfi, Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Inspektorat Kota Bima, seluruh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah se Kota Bima. Selain itu, dihadiri juga oleh Ketua MUI Kota Bima, Anggota DPRD Kota Bima, Kasdim 1608 Bima, tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kecamatan Rasanae Timur. (SB.K)