H.M. Rum Ungkap Program Kerja 100 Hari Pertama Ketika Ditunjuk Sebagai Pj. Wali Kota Bima

Iklan 970x250 px

.

H.M. Rum Ungkap Program Kerja 100 Hari Pertama Ketika Ditunjuk Sebagai Pj. Wali Kota Bima

Rabu, 01 November 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, menghadiri undangan dari media Tempo untuk berbicara dalam program "Teras Negeri." yang dipustkan di Gedung Tempo Inti Media, Jakarta, Rabu 1 November 2023.


Tema yang diusung dalam wawancara ini adalah "Program kerja 100 hari pertama HM. Rum ketika ditunjuk sebagai Pj. Wali Kota Bima." 


Dalam wawancara tersebut terungkap sejumlah isu strategis yang akan menjadi program dan kebijakan prioritas Ir. H. Mohammad Rum, MT, dalam menata dan membenahi Kota Bima ke depan. Isu strategis yang akan dituangkan dalam program kebijakan Pemerintah Kota Bima antara lain Penataan kebersihan kota, Gerakan memakmurkan masjid, melakukan reformasi birokrasi, memastikan pemilu 2024 berjalan damai, aman dan tertib serta penanganan krisis air bersih. 


HM. Rum menjelaskan bahwa dalam kepemimpinannya, akan meningkatkan iklim investasi guna menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kota Bima. 


Hal ini dapat dilakukan dengan terus mengenalkan berbagai potensi daerah yang dapat dilirik oleh calon investor dan memastikan Kota Bima adalah daerah yang aman dan kondusif bagi investasi.


Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk memberi kemudahan dan kenyamanan calon investor terutama dalam hal kemudahan pelayanan perizinan serta keamanan aset para investor.  


"Investasi yang tepat akan membuka peluang tersedianya lapangan kerja dan mendukung pergerakan ekonomi Kota Bima ke arah yang lebih baik dan sejahtera", tegas  HM. Rum. 


Sementara menjawab pertanyaan tentang penanganan kebersihan dan menjaga keindahan wajah Kota Bima, H. Mohammad Rum menjelaskan bahwa persoalan kebersihan akan ditangani secara komprehensif dan menyeluruh melalui penyediaan sarana dan prasarana pendukung berupa penambahan armada pengangkut sampah dan penyediaan tenaga kebersihan yang memadai di setiap sudut kota, penyediaan bak sampah sementara di setiap titik pengangkutan sampah, serta pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir.


Manajemen pengelolaan sampah secara terpadu akan menjadi prioritas dalam kebijakan pemerintah Kota Bima ke depan.


"Yang tak kalah penting menjadi faktor pendukung upaya menjaga kebersihan adalah menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat melalui kampanye dan sosialisasi pada berbagai kesempatan pertemuan dengan warga. Diharapkan melalui sosialisasi intens akan memunculkan perubahan perilaku masyarakat dalam menangani isu kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan", ungkap HM. Rum.


Dalam upayanya menjaga stabilitas daerah terutama menyongsong Pemilu 2024, HM. Rum menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bima telah melakukan upaya konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder baik masyarakat umum maupun penyelenggara pemilu untuk memastikan pemilu berjalan aman, damai, jujur dan berkeadilan. 


"Perbedaan pilihan bukanlah suatu alasan untuk menciptakan perpecahan dan konflik, akan tetapi perbedaan pilihan adalah warna yang indah dalam berdemokrasi", lanjut Ir. H. Mohammad Rum.


Berbicara tentang penanganan reformasi birokrasi Kota Bima, Pj. Wali Kota Bima mengingatkan agar tidak ada lagi birokrat yang terlibat dalam politik praktis dan mengabaikan semangat melayani demi kepentingan tertentu baik dalam jabatan maupun kepentingan di luar jabatan. Beliau meyakinkan agar ASN Kota Bima dapat bekerja profesional dan ikhlas dalam  melayani masyarakat Kota Bima.


Dalam wawancara ini, Pj. Wali Kota Bima, HM. Rum menggarisbawahi bahwa sebagai Pj. Wali Kota Bima akan terus menjaga  dan mengupayakan terealisasinya visi dan misi penting kepemimpinannya untuk membawa Kota Bima ke arah yang lebih baik, maju, setara dan berdaya saing serta sejajar dengan kota lain di Indonesia.


Program "Teras Negeri" Tempo Media merupakan ajang untuk menjaring Kepala Daerah inovatif dan memiliki gagasan kreatif dalam memajukan daerahnya masing-masing. (SB.K)