Pj. Wali Kota Bima Ungkap Rencana Aksi Percepatan Pembangunan IAIN Bima Pada Rakor di Grand Dhika Hotel Jakarta Selatan

Iklan 970x250 px

.

Pj. Wali Kota Bima Ungkap Rencana Aksi Percepatan Pembangunan IAIN Bima Pada Rakor di Grand Dhika Hotel Jakarta Selatan

Selasa, 16 Januari 2024

Kota Bima,- Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, menguraikan rencana aksi untuk mempercepat pembangunan IAIN Bima dalam rapat koordinasi di Grand Dhika Hotel, Jakarta Selatan, pada Senin, 15 Januari 2024. Salah satu langkah strategisnya melibatkan pembuatan surat serah terima aset tanah, penyerahan Naskah Akademik dan otaker ke berbagai instansi terkait.


Rencana aksi juga mencakup registrasi hibah tanah, pembahasan naskah akademik dan otaker, penetapan tata batas, dan penuntasan pengurusan dokumen AMDAL dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan hingga Mei 2024. Langkah-langkah ini menandai komitmen Pemerintah Kota Bima dalam mendukung pengembangan IAIN Bima.


Rakor ini dihadiri oleh beberapa pihak terkait antara lain Perwakilan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Perwakilan Direktur PTKI Kemenag RI, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, Ketua Penggagas Komite Pendirian IAIN Bima, Sekretaris Penggagas Komite Pendirian IAIN Bima yang juga menjabat di Sekretariat Wakil Presiden RI, Jajaran Komite Pendirian IAIN Bima, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, PTKI Kemenag RI, Kasubdit Penelitian dan Pengembangan Masyarakat, PTKI Kemenag RI, kasubag TU Diktis, Kabag dan analis madya pada Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, Tim Desain Fisik IAIN Bima.


Sementara di PHKA Pemerintah Kota Bima, Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT di dampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima, Inspektur Daerah Kota Bima, Kepala Bappeda Kota Bima, Kepala Dikpora Kota Bima dan Kepala DLH Kota Bima.


Dalam rapat koordinasi tersebut, Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT memaparkan bahwa materi pembahasan dan target kesepakatan dalam Rakor Percepatan Pembangunan IAIN Bima meliputi Rencana Target Kesepakatan Jangka Pendek dengan cara  mendefinisikan langkah konkret yang akan diambil dalam waktu dekat.


Jangka Menengah melalui upaya  penetapan kerangka waktu dan proyeksi perkembangan untuk tahapan selanjutnya. Sementara untuk tahapan Jangka Panjang adalah menciptakan kerangka kerja yang berkelanjutan untuk mendukung pengembangan IAIN Bima menuju terwujudnya UIN Bima di masa yang akan datang.


Dengan partisipasi pihak-pihak terkait dari tingkat nasional hingga lokal, diharapkan rapat ini menghasilkan kesepakatan yang kokoh untuk mendukung percepatan pembangunan IAIN Bima sesuai dengan rencana aksi yang telah diuraikan oleh Pj. Wali Kota Bima.


Tanggapan dan respon dari pihak terkait terhadap agenda rencana aksi percepatan pembangunan dan pengoperasian IAIN Bima sangat positif. Para peserta rakor, termasuk Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Direktur PTKI Kemenag RI, dan Ketua Penggagas Komite Pendirian IAIN Bima, menunjukkan dukungan penuh.


Mereka menyambut baik langkah-langkah konkrit seperti pembuatan surat serah terima, penyerahan dokumen akademik, registrasi hibah tanah, dan penyelesaian dokumen AMDAL. Keikutsertaan dan respon positif ini mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan IAIN Bima sesuai rencana aksi yang diusulkan oleh Pj. Wali Kota Bima. (SB.K)