Pasar Murah Ramdhan Mulai Dibuka di Desa Sondo

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pasar Murah Ramdhan Mulai Dibuka di Desa Sondo

Sabtu, 02 Juni 2018


Kabupaten Bima. SB,-
Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri secara resmi membuka pasar murah Ramdhan. Kegiatan yang dipusatkan di Desa Sondo Kecamatan Monta itu diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Sabtu (2/6/2018).

Pada peresmian kegiatan Pasar murah tersebut Bupati juga didampingi oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima.

Kasubag Informasi dan pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima Zainuddin, S.S mengatakan, bahwa kegiatan pasar murah merupakan program resmi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima bekerjasama dengan Camat Monta dan Kepala Desa setempat. Sehingga tidak heran pada pelaksanaan kegiatan tersebut ramai dikunjungi warga.

“Sedari awal masyarakat telah memperoleh informasi dari pihak Kecamatan dan Pemerintah Desa setempat, jadi tak heran antusias masyarakat menyambut kehadiran pasar murah itu,” bebernya.

Zainuddin menambahkan, masyarakat bersyukur adanya Pasar Murah tersebut karena sangat membantu pemenuhan kebutuhan pokok pangan selama bulan Puasa, harganya-pun selalu fluktuatif dan cenderung mahal.

“Barang-barang yang dipasarkan melalui momentum tersebut, meski harganya lebih murah namun kualitasnya terjamin,” ungkapnya


Sementara Bupati Bima kata Pak  Zain (Sapaan akrabnya) menyatakan, bahwa kegiatan Pasar Murah merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait dalam meringankan kendala ekonomi masyarakat.

“Hal ini akan terus  digiatkan sesuai dengan  situasi dan kondisi masyarakat serta kemampuan penganggaran melalui Dinas terkait,” ucapnya mengutip kata Bupati

Kegiatan pasar murah ini,  sesuai jadwal dimulai dari Desa Sondo Kecamatan Monta kemudian selanjutnya akan dilaksanakan di beberapa wilayah antara lain Kecamatan Madapangga pada 4 Juni 2018 serta Desa Tonda dan sekitarnya. Selanjutnya di Kecamatan Soromandi pada tanggal 5 Juni 2018 di Desa Sai dan sekitarnya. Kecamatan Langgudu 6 Juni 2018 di Desa Kangga (Nggira) dan sekitarnya serta Kecamatan Lambitu 7 Juni 2018 di Desa Teta dan sekitarnya.


Adapun barang yang dipasarkan yakni  Minyak Goreng Bimoli Revil 1 Liter sebanyak 1.600liter dengan harga Rp. 10.000,-/ltr. Gula Pasir sebanyak 3.080Kg dengan harga Rp. 9.000,-/Kg; Beras Super sebanyak 1.400Kg dengan harga Rp. 6.000,-/Kg; Mie Goreng Indomie sebanyak 70 Dos dengan harga Rp. 1.500,-/bks atau Rp. 60.000,-/dos; Mie Kuah Sedap sebanyak 50 Dos dengan harga Rp. 1.500,-/bks atau Rp. 60.000,-/dos. Mie Kuah Sakura sebanyak 50 Dos dengan harga Rp. 1.000,-/bks atau Rp. 40.000,-/dos.


Sedangkan Bahan Pokok Paket Pasar Murah  terdiri dari  Paket 1 dengan harga Rp. 35.000,- terdiri dari Beras 2Kg, Gula 1Kg, Bimoli 1ltr, Mie Sakura 4bks. Paket 2 seharga Rp. 50.000,- terdiri dari Beras 2Kg, Gula 2Kg, Bimoli 2ltr. Paket 3 seharga Rp. 50.000,- dengan rincian barang : Beras 2Kg, Gula 1Kg, Bimoli 1ltr, Mie Goreng / Mie Kuah 10bks, Mie Sakura 4bks. Paket 4 dengan harga maksimal Rp.30.000,- yang menyediakan salah satu Jenis Bahan Pokok.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs. H. Arifuddin mengatakan, apabila terdapat kelebihan  atau sisa barang tidak terjual dari kegiatan Pasar Murah untuk Desa tersebut maka akan dilakukan penjualan di Desa lain di wilayah Kecamatan yang sama.

“Selama pelaksanaan Pasar Murah Perdana tersebut, semua berjalan aman dan tertib,” cetusnya (SB.Hum)