Lewirato Kembali Dicanangkan Sebagai Kelurahan Cinta Statistik

Iklan 970x250 px

.

Lewirato Kembali Dicanangkan Sebagai Kelurahan Cinta Statistik

Selasa, 17 Oktober 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Staf Ahli Wali Kota Bima bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ahmad Mufrad, S.Sos menghadiri sekaligus mencanangkan Kelurahan Lewirato sebagai Kelurahan Cinta Statistik bersama BPS Kota Bima, dilaksanakan di Kantor Kelurahan Lewirato pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Turut mendampingi Staf Ahli Wali Kota antara lain Kepala Diskominfotik Kota Bima, Bappeda Kota Bima, Camat Mpunda dan Lurah Lewirato. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala BPS Kota Bima, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Lewirato.

Staf Ahli Wali Kota Bima, Ahmad Mufrad, S.Sos menyampaikan, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia atau kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting.

Pemerintahan kelurahan bahkan dituntut untuk mampu menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayah masing-masing dalam rangka mendukung penguatan dan tata kelola pemerintahan di tingkat Kelurahan.

"Kebijakan pembangunan di kelurahan dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data lengkap," ujar Ahmad Mufrad pada pencanangan Kelurahan CANTIK di Lewirato.

Ia menambahkan, program Desa cantik tahun 2023 yang dirancang oleh BPS secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi kesadaran dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

"Saya berharap bahwa program ini nantinya tidak hanya untuk kelurahan Lewirato saja, namun dapat diterapkan pada kelurahan lain di seluruh wilayah Kota Bima menjadi Kelurahan yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima, Ir. Wiliam Piter mengatakan bahwa sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik, menetapkan salah satu kegiatannya adalah pembinaan statistik sektoral di tingkat desa atau kelurahan.

Program ini merupakan kelanjutan dari program 100 Desa cantik yang merupakan program percepatan BPS pada tahun 2021. Program Desa cantik dilaksanakan secara berkesinambungan dan secara komprehensif setiap tahunnya serta sejalan dengan salah satu misi BPS yaitu membina Kementerian/lembaga/dinas/instansi melalui sistem statistik Nasional yang berkesinambungan.

"Program ini merupakan program BPS tahun ketiga, yang mana 2 tahun terakhir dilaksanakan khusus di Kota Bima pada tahun 2021 di Kelurahan Rabadompu Barat, tahun 2022 di Kelurahan Dara dan tahun 2023 ini di Lewirato," ungkapnya.

Kegiatan pencanangan ini dilaksanakan di kantor Kelurahan Lewirato sebagai penghargaan kepada pemerintah kelurahan yang terpilih dari 230 Kelurahan dan Desa yang tersebar di wilayah Indonesia.

"Untuk tahun ini, Lewirato salah satu yang terpilih dari 5 Kelurahan atau desa yang ada di NTB untuk dibina pada program desa atau kelurahan CANTIK ini secara nasional," tutur Piter.

Hal ini sekaligus menunjukkan dan mengharapkan bahwa seluruh aparatur dapat mendukung sepenuhnya pelaksanaan program ini.

"Saya sungguh sangat optimis, bahwa tidak salah Lewirato mewakili NTB dalam program Kelurahan CANTIK," tutupnya. (SB.K)