Curah Hujan Tinggi, Tebing Sungai Longsor Rumah Milik Warga Sekitar Bantaran Terancam Ambruk

Iklan 970x250 px

.

Curah Hujan Tinggi, Tebing Sungai Longsor Rumah Milik Warga Sekitar Bantaran Terancam Ambruk

Senin, 01 Januari 2024

Kota Bima,- Curah hujan tinggi disertai angin kencang pada Minggu 31 Desember 2023 mengakibatkan tebing sekitar bantaran sungai di Kelurahan Mande tiba-tiba longsor atau amblas.


Dikabarkan beberapa unit rumah milik warga disepanjang tebing yang berlokasi di Mande satu Kelurahan Mande atau tepatnya dijambatan perbatasan antara Mande dan Kelurahan Sadia tersebut ambruk, karena hanya mencapai setengah meter dari tepi longsoran.


Hal ini membuat kekhawatiran warga sekitar panik, ketika hujan kembali mengguyur dengan intensitas yang sama mengakibatkan banjir dan longsor susulan.


Kepala Kelurahan Mande, Marwan Hadi S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan, tingginya curah hujan di wilayah Kota Bima mengakibatkan tebing sungai di Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda longsor. 


"Pada hari ini, telah terjadi tanah longsor di sebelah timur jembatan di Mande 1," ungkapnya 


Marwan menjelaskan, panjang tebing yang sudah longsor mencapai 25 meter, beberapa rumah warga di sekitar lokasi terancam longsor. Dari kejadian tersebut pihaknya masih mendata kerugian warga. 


"Curah hujan tadi cukup tinggi dan kerugian lagi kami data dengan perangkat kelurahan bersama TSBK. Ada sekitar 25 meter yang longsor," ungkapnya. 


Ia berharap, dari kejadian tersebut, dinas terkait cepat mencarikan solusi untuk menangani tebing yang longsor tersebut, dan memasang Talud atau bronjong di sepanjang lokasi longsor. 


"Besar harapan kami, di lokasi dibangun bronjong atau dipasang Talud," harapnya. (Red)