Ribuan Peserta Ikuti Pawai Rimpu Mantika

Iklan 970x250 px

.

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Rimpu Mantika

Sabtu, 27 April 2024

 


Kota Bima,- Rimpu Mantika. Pawai Budaya 2024 berlangsung Meriah. Diperkirakan Puluhan Ribu Peserta Padati Jalan di Kota Bima.


Rimpu adalah cara berbusana masyarakat Bima yang menggunakan sarung khas Bima.

 

Rimpu merupakan rangkaian pakaian yang menggunakan dua lembar sarung. Kedua sarung tersebut untuk bagian bawah dan bagian atas. Rimpu ini adalah pakaian yang diperuntukkan bagi kaum perempuan, sedangkan kaum lelakinya tidak memakai rimpu tetapi ”Katente Tembe” (menggulungkan sarung di pinggang). 


Sarung yang dipakai ini dalam kalangan masyarakat Bima dikenal sebagai Tembe Nggoli dan Tembe Songke (Sarung Songket). 


Untuk melestarikan budaya ini pemerintah kota Bima melalui Dinas Pariwisata tiap tahunnya menggelar pawai Rimpu, karena Rimpu telah masuk menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara tahun 2024 sebagai budaya mendunia.


Sehingga masyarakat kota Bima pada hari ini Sabtu 27 April 2024 antusias mengikuti Pargelaran budaya tersebut.


Pantauan wartawan suara bima dilokasi, Ribuan peserta ikut memeriahkan Pawai Budaya Rimpu Mantika. 


Para peserta pawai mengenakan tembe nggoli (Sarung Khas Bima) mulai star dari Taman Ria Kota Bima menuju lapangan Sera Suba.


Peserta kelompok pertama meliputi Penggerak PKK Kota Bima, Dharma Wanita Persatuan Kota Bima, GOW, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, unsur pegawai vertikal, tamu undangan, serta seluruh ASN pada jalur sebelah utara (Peserta Rimpu Colo), sementara siswi SMA dan SMP sederajat serta mahasiswi akan berada pada jalur sebelah selatan (Peserta Rimpu Cili).


Kemudian kelompok kedua mencakup seluruh siswi SD/sederajat, masyarakat umum dari kelurahan, dan peserta dari luar Kota Bima yang dapat mengisi dan menyesuaikan posisi pada kedua jalur sesuai dengan kecepatan kedatangan.


Peserta Rimpu Cili atau Rimpu Colo dan peserta lainnya di setiap jalur mengikuti barisan dengan komposisi empat deret ke samping, diikuti oleh barisan di belakang secara teratur dan rapi.


Peserta Rimpu diwajibkan hadir pukul 06.30 Wita di tempat start dan akan dilepas secara resmi pukul 07.00 Wita.


Posisi terdepan akan diisi oleh voorijder, drumben kostum kontemporer, mobil untuk syuting, VIP, dan Muspida, diikuti oleh peserta Rimpu Cili di bagian kiri/selatan dan Rimpu Colo di bagian kanan/utara.  (SB01)