Rapat RKPD Tahun 2024 dan Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023 Digelar

Iklan 970x250 px

.

Rapat RKPD Tahun 2024 dan Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023 Digelar

Kamis, 06 April 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Wali Kota Bima H. M. Lutfi, SE dan Wakil Wali Kota Bima Fery Sofyan, SH, memimpin Rapat Kegiatan Forum Perangkat Daerah RKPD Tahun 2024 dan Rapat Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Bima, Kamis, 6 April 2023.


Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam rapat tersebut di dampingi oleh Sekda, Seluruh Staff Ahli, Seluruh Asisten, Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Seluruh Kabag, dan Camat Se-Kota Bima.


Tujuan dari kedua agenda rapat tersebut adalah Untuk memprioritaskan program-program kerja Pemerintah Kota Bima di tahun 2024 dan mengetahui keputusan akhir dari Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023.


Wali Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penyusunan RKPD Tahun 2024 untuk mengukur capaian-capaian kinerja perangkat daerah di Tahun 2023.


"Penyusunan RKPD Tahun 2024 ini adalah kontinyunitas dari tahun sebelumnya, banyak sekali perangkat daerah yang sampai saat ini tidak sesuai dengan capaian-capaian dan target dari perangkat daerahnya masing-masing," ucapnya.


Wali Kota Bima juga mengungkapkan agar setiap perangkat daerah menyadari program-program kerja mana yang menjadi titik prioritas setiap perangkat daerah.


"Agar disadari program-program mana yang menjadi titik tekan untuk di capai, dengan begitu kita bisa mengukur kinerja kita dari tahun sebelumnya dengan tujuan mempercepat capaian-capain program kerja prioritas di masing-masing perangkat daerah," ungkapnya.


Ia berharap dengan adanya forum ini dapat menggali apa yang menjadi potensi, masalah serta peluang dari setiap program-program prioritas di masing-masing perangkat daerah.


"Saya berharap dengan forum ini kita bisa menggali lebih dalam apa yang menjadi potensi dan problem yang kita hadapi di tahun 2024, serta menelaah capaian-capaian program kerja kita dengan keterbatasan anggaran," harapnya.


Disamping itu, Wakil Wali Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap perangkat daerah di minta mempertajam indikator kerja dan target program kerja di tahun 2024.


"Dengan mempertajam indikator kerja dan target program kerja kita di tahun 2024, kita dapat mempercepat tujuan dan sasaran dari program tersebut, sehingga capaian-capaian yang kita rencanakan dapat kita capai dengan tepat sasaran," ucapnya.


Beliaupun berharap agar setiap perangkat daerah berfikir secara komprehensif dan tidak mementingkan ego sektoral yang memperhambat kinerja program pemerintah.


"Untuk teman-teman OPD diharapkan lebih komprehensif dan tidak mementingkan ego sektoral, sehingga target program dari setiap perangkat daerah dapat tercapai," harapnya.


Terkait Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023, Wali Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa festival rimpu merupakan salah satu program kerja yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Bima.


"Festival rimpu adalah salah satu project Kota Bima yang tidak dimiliki oleh Kabupaten Bima dan Dompu, dan ini bisa kita explore lebih jauh lagi dalam menggeliatkan ekonomi masyarakat kita yang berada dibawah, dengan cara mempromosikan hasil UMKM mereka di stand yang telah disiapkan," ucapnya.


Senada dengan yang disampaikan oleh Wali Kota Bima, Wakil Wali Kota juga menyampaikan bahwa festival rimpu merupakan salah satu budaya Bima yang tidak hanya sekedar berjalan pawai, tapi dapat juga dikembangkan ke arah meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Bima.


"Festival rimpu ini semoga tidak hanya menjadi ajang jalan-jalan saja, tapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempromosikan hasil usahanya, diharapkan hal tersebut dapat mendorong percepatan ekonomi masyarakat kita menengah kebawah," ucapnya.


Berdasarkan hasil keputusan Rapat Persiapan Festival Rimpu Tahun 2023, Festival Rimpu akan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Mei 2023, dengan rute dari arah barat start Paruga Nae Kota Bima dan dari arah timur start SMA 1 Kota Bima dan finish di Kantor Wali Kota Bima. (SB.K)