Gagal Panen Padi, Petani Pertanyakan Kualitas Bibit Bantuan Pemerintah

Iklan 970x250 px

.

Gagal Panen Padi, Petani Pertanyakan Kualitas Bibit Bantuan Pemerintah

Senin, 05 Juni 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Warga Nungga Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima mengeluh lantaran padi yang ditanam gagal panen. Padi yang ditanam oleh petani itu merupakan bantuan dari pusat bukan bantuan bibit dari pertanian kota Bima.


Menjawab keluhan petani tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Bima melalui Kepala Bidang Tanaman pangan dan Holtikultura Abdul Najir, S.PT,MM didampingi Faturahman, S.P.t Kasi Perbenihan menjelaskan bahwa pada bulan Desember Hingga Januari tahun 2023 pemerintah pusat memberikan bantuan benih padi bermerk Cakra Buana Agritas kepada para petani melalui Dinas Pertanian Kota Bima.


Benih tersebut hampir merata penyalurannya untuk semua kelompok tani dikota Bima. Bedasarkan masa edar dan tatacara pola penanaman benih Cakra Buana ditanam pada Bulan Desember hingga Januari 2023. 


Dan itu pun tidak boleh lewat dari masa yang ditentukan, karen bisa saja benih yang ditanam akan mengalami proses pertumbuhan yang tidak baik.


"Benih padi padi Cakra Buana Agritas itu ditanam pada MH 1 atau Desember hingga Januari 2023. Kemungkinan petani menanam padi lewat dari masa edar,"ungkap Najib kepada Wartawan, Senin 5 Juni 2023 dirung kerjanya.


Menurut Najib, gagalnya panen para petani akibat tidak sesuai dengan budidaya yang dianjurkan. Mestinya bibit yang seharusnya ditanama pada Musim Hujan pertama (MH 1) dengan jangka waktu selama 85 hari untuk panen.


"Kemungkinan benih itu ditanam lewat dari bulan yang telah ditentukan," ungkapnya (SB01)


.