Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Rasanae Barat Digelar

Iklan 970x250 px

.

Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Rasanae Barat Digelar

Senin, 20 Februari 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Pemerintah Kecamatan Rasanae Barat (Rasbar) pada Senin (20/2) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di aula Kantor Kecamatan setempat. 


Kegiatan ini dihadiri Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Dinas PUPR Kota Bima, unsur Forkompimcam, lurah se-Kecamatan Rasanae Barat, Babinkamtibmas, Danramil 1608-01 dan seluruh LPM se Kecamatan Rasanae Barat.


Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kota Bima.


Dalam sambutannya Kepala Kecamatan Rasanae Barat Hj. Siti. Suharni, SE menegaskan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. 


"Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD," ungkapnya


Kegiatan Musrenbang ini menurut Camat,  adalah membahasa program-program prioritas dari tingkat kelurahan lalu disepaki bersama untuk menjadi skala program prioritas pada tahun 2024.


"Program perioritas 2024 yakni program dibidang pelayanan masyarakat, bidang pendidikan, kesehatan dan sosial," ujarnya


Dibidang pelayanan kesehatan masyarakat jelas Camat, perlu ada dukungan pemerintah terkait Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dan ini pula merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat untuk pelayanan kesehatan.


"Kita akan hidupkan posyandu di tingkat Kelurahan. Ini tentu saja berharap ada keberpihakan Pemerintah terutama SDM, sebab ini adalah kunci pelayanan kesehatan dasar awal. Pelayanan dibidang sosial kemasyarakatan juga harus diperhatikan. Dan lebih - lebih dalam memrioritaskan Infrastruktur Yang ada di Kecamatan Rasanae Barat," terangnya. (SB01)