Lauching Program Wifi RW se-Kota Bima Diresmikan Oleh Wali Kota Bima

Iklan 970x250 px

.

Lauching Program Wifi RW se-Kota Bima Diresmikan Oleh Wali Kota Bima

Jumat, 03 Februari 2023
Suara Bima

Kota Bima,- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri acar launching program Wifi RW se Kota Bima sekaligus diresmikan.


Kegiatan dimulai sekitar Pukul, 09.00 Wita itu dipustkan pada RT 008/ RW 003, Lingkungan Sigi, Kelurahan Paruga dan dihadiri oleh Kepala Diskominfotik Kota Bima, PT. Telkom Indonesia, Camat dan Lurah se-Kota Bima, tokoh masyarakat, pemuda, Babinsa, dan Babinkantimas,  Jum’at, 03 Februari 2023.


Kepala Dinas Diskominfotik Kota Bima H. Mahfud dalam laporannya menyampaikan, bahwa Dinas Diskominfo telah melaksanakan program pemerintah sesuai target.


Kata H.Mahfud, Program ini ditargetkan selasai hingga akhir tahun 2022. Namun banyak hal kendala secara teknis dilapangan akhirnya segera diselesaikan sampai Januari 2023.


 "Untuk tahun 2023, insyaAllah akan selesai semua dipasang," katanya.


Ia mengatakan, Kota Bima ini kota cerdas, sehingga banyak pemerintah dari daerah lain sering berkunjung ke Kota Bima. Ke depan Pemerintah Indonesia menjalankan roda pemerintahan menggunakan sistem dengan teknologi berbasis digital. 


"Sehingga mau tidak mau kita harus memasang semua jaringan internet di seluruh wilayah Kota Bima," pungkasnya.


Pejabat PT. Telkom Cabang Bima, Yanti Sartika menyebutkan, Sebanyak 150 Wifi di seluruh wilayah Kota Bima. Ini terpasang bukan saja di dinas-dinas, tapi juga di rumah pejabat serta lingkungan RT dan RW yang ada di Kota Bima.


"Dari sebanyak itu, baru 50 persen yang baru bisa kita aktifkan. Insya Allah dalam waktu dekat semuanya 150 wifi akan kami aktifkan,". Tutupnya


Wali Kota Bima  H. Muhammad Lutfi, SE menjelaskan kepada warga kenapa gagasan ini perlu dibuatkan atau dipasang wifi  diseluruh wilayah Kota Bima bahkan adanya pemberian Handpone untuk RT dan RT.


Ide ini jelas Wali Kota Bima, agar program kegiatan pemerintah dapat berjalan dengan baik, sehingga para RT dan RW sudah bisa langsung mengakses melalui handpond dan melaporkan secara langsung kegiatan yang ada ditengah masyarakat.


"Saat ini kita tidak susah lagi mengetahui apa saja laporan masyarakat, ketika berada diluar daerah pun saya bisa langsung mengontrol," ujar Wali Kota Bima


Menurut H. Lutfi Wali Kota juga Menyampaikan, Fungsinya HP setiap RT sangat banyak sekali. Terutama untuk memberikan informasi tentang semua hal seperti kematian, kondisi jalan dan lainnya.


"Tahun 2023 ini kita buat di setiap sudut-sudut harus terpasang semua WiFi agar siapapun yang masuk ke Kota Bima terpenuhi kebutuhan akan infrastruktur telekomunikasi, internet dan lain-lainnya," tegas Walikota.


Kepada Ketua RT, Ia berharap, jangan biarkan lingkungan kumuh. "Ribuan rumah sudah kita perbaiki dan ribuan rumah sudah kita relokasi," ujarnya 


Ditambahkannya, Kota Bima saat ini melalui program smarcity ada beberapa titik lokasi terpasangnya CCTV salah satu fungsi mengontrol tindak kriminal seperti aksi pencurian.


"Disini kita bisa meminimalisir tindakan kriminal, dapat dilihat dilayar comand center, karena camera yang kita pasang resolusinya sangat tinggi," ungkapnya


Diakhir sambutannya Wali Kota Bima mengimbau kepada RT dan RW agar tidak diam jika ada rumah tidak layak huni ditengah perkampungan dan segera melaporkan.


Setelah itu kegiatan diresmikan oleh Wali Kota Bima ditandai dengan pemukulan Gong. (SB01)