Evaluasi Kota Layak Anak 2023, DP3A Gelar Rapat Tim Gugus Tugas

Iklan 970x250 px

.

Evaluasi Kota Layak Anak 2023, DP3A Gelar Rapat Tim Gugus Tugas

Kamis, 09 Maret 2023
Suara Bima

Kota Bima.- Dalam rangka persiapan evaluasi mandiri penilaian Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023, Dinas P3A Kota Bima menggelar Rapat Tim Gugus tugas KLA bersama anggota Gugus Tugas, kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Kota Bima  tersebut berlangsung pada  Kamis  (9/3- 2023).


Kadis DP3A Kota Bima Syahruddin,SH,MM mengatakan bahwa pengembangan KLA bertujuan untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten/kota yang mengarah pada upaya transformasi konsep hak anak kedalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Jelasnya. 


Evaluasi KLA menurut dia, merupakan alat untuk mempercepat dan memastikan terpenuhinya hak anak, sehingga akan tercipta anak-anak generasi penerus yang handal dan berkualitas. “Harapannya.


Melalui evaluasi dan pendampingan ini kata Syahrudin, peringkat KLA di tahun 2023 ini bisa naik. Jika pada 2022 lalu memperoleh peringkat Madya maka diharapkan tahun ini bisa naik ke Nindya bahkan Utama,” ucapnya.


Syahruddin menambahkan bahwa, dalam pengembangan KLA dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu pertama adalah pendekatan bottom-up, pendekatan top-down, dan pendekatan kombinasi. “Dengan melihat ketiga model tersebut diharapkan kabupaten/kota bisa mengimplementasikan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing,” Paparnya.


Lebih jauh dikatakanya, terkait dengan progress penilaian KLA, bahwa Pemerintah Kota Bima bisa tepat waktu untuk mengupload dokumen bukti indikator untuk evaluasi  KLA. Bukti yang diupload tersebut, menjadi tolok ukur keyakinan penilaian Tim pusat saat dilakukan kunjungan lapangan di Pemkot Bima,” jelas Syahruddin.


Saat ini kata Kadis Syahrudin, Dinas P3A Kota Bima telah melakukan proses persiapan dalam rangka persiapan evaluasi KLA 2023. Persiapan tersebut antara lain adalah Penguatan Gugus Tugas KLA dengan menghadirkan narasumber dari ketua Gugus KLA Kepala BAPPEDA Kota Bima. Dalam rakor tim penginput data evaluasi KLA, dan melakukan berbagai Forum Group Discussion bersama OPD terkait untuk identifikasi data KLA. Ucapnya 


Dilain pihak Kabid Pemenuhan hak Anak (PHA) Dinas P3A Kota Bima Hj.Nurhaidah, S.Sos didampingi pejabat Fungsional membidangi Penyuluhan sosial pada DP3A Kota Bima Muhammad Ikbal,SE mengatakan; Pihaknya saat ini sedang kerja keras untuk mengumpulkan dokumen-dokumen KLA Klaster yang dibutuhkan.


"Hari ini sebagian petugas tim pendataan KLA sedang turun pada dinas-dinas guna mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan insaAllah komitmen seluruh OPD dalam meningkatkan predikat KLA Kota Bima tahun 2023 ini dari sebelumnya ditahun 2022 raih predikat Madya, optimis meningkat ke peringkat Nandya di tahun 2023." Papar Kabid PHA yang sapaan akrabnya Umi Nur ini. (SB.T)