Pj. Wali Kota Bima Serahkan Proposal Pembangunan Masjid Al Muwahiddin

Iklan 970x250 px

.

Pj. Wali Kota Bima Serahkan Proposal Pembangunan Masjid Al Muwahiddin

Selasa, 26 Desember 2023


Kota Bima,- Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, mengukuhkan komitmennya dalam memakmurkan Masjid di Kota Bima. 


Seusai mengikuti rangkaian kegiatan pengukuhan relawan moderasi dan deklarasi pemilu damai, HM. Rum menyempatkan diri mengajukan proposal pembangunan Masjid Al Muwahiddin Kota Bima secara resmi kepada Kepala Biro Kesra Setda Provinsi NTB, Drs. H. Sahnan, M.Pd. Prosesi penyerahan proposal ini berlangsung pada Selasa, 26 Desember 2023, di Mataram.


Langkah Pj. Wali Kota Bima ini mencerminkan kepedulian dan perhatiannya terhadap pembangunan masjid sebagai pusat kegiatan ibadah dan spiritualitas masyarakat Kota Bima. Dalam suasana yang penuh makna, HM. Rum menyampaikan bahwa pembangunan masjid bukan hanya tentang infrastruktur fisik tetapi juga tentang memakmurkan kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan.


"Penyerahan proposal ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk memajukan Masjid Al Muwahiddin, menjadi tempat ibadah yang berdaya guna dan mendukung kehidupan spiritual masyarakat. Kami berharap dengan dukungan dari Biro Kesra NTB, pembangunan masjid ini akan menjadi tonggak kemakmuran masjid bagi Kota Bima," ungkap Pj. Wali Kota Bima.


Biro Kesra NTB, sebagai mitra dalam upaya pembangunan masjid, menyambut baik langkah Pj. Wali Kota Bima dan menegaskan dukungan penuh untuk mewujudkan pembangunan masjid yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Bima. Prosesi penyerahan proposal ini menjadi titik awal bagi upaya bersama dalam memperkuat kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan di wilayah Kota Bima



Pj. Wali Kota Bima menekankan urgensi dukungan anggaran ini sebagai langkah nyata untuk memajukan pembangunan masjid yang menjadi pusat ibadah dan spiritualitas masyarakat Kota Bima. Prosesi penyerahan proposal ini menjadi bagian integral dari komitmen Pj. Wali Kota Bima dalam memastikan kelancaran pembangunan Masjid Raya Al Muwahiddin sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan spiritual dan keagamaan masyarakat Bima, sekaligus merupakan manifestasi dari komitmen optimalisasi fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan pendidikan keislaman di Kota Bima.


Pj. Wali Kota Bima menggambarkan keselarasan antara pembangunan fisik dan pengembangan nilai-nilai moderasi serta damai di tengah-tengah masyarakat. Dengan penyerahan proposal ini, diharapkan dukungan anggaran yang memadai dapat diperoleh untuk mewujudkan pembangunan Masjid Raya Al Muwahiddin sebagai sarana spiritual yang berdampak positif bagi komunitas umat Islam di Kota Bima.


Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT juga berencana untuk mengajukan proposal pembangunan masjid Al Muwahiddin kepada Kementerian Agama dengan beberapa alasan strategis antara lain bahwa Kementerian Agama memiliki komitmen serius terhadap pembangunan dan pengelolaan sarana ibadah, termasuk masjid. "Oleh karena itu, mengajukan proposal kepada Kemenag adalah langkah yang sesuai untuk memperoleh dukungan dan anggaran dalam konteks pembangunan masjid," jelas H. Mohammad Rum.


Lebih lanjut Pj. Wali Kota Bima menjelaskan bahwa Kemenag memiliki kewenangan dalam penyaluran anggaran pusat untuk pembangunan masjid di tingkat daerah. Beliau ingin memastikan dukungan finansial dari tingkat pusat untuk mempercepat dan memperkuat pembangunan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima melalui pengajuan proposal tersebut.


Sementara menyoroti Kolaborasi dengan Biro Kesra NTB, Pj. Wali Kota Bima mengungkapkan bahwa Biro Kesra Setda Provinsi NTB memiliki peran strategis dalam koordinasi dan implementasi kebijakan di bidang kesra. Dengan melibatkan Biro Kesra Setda Provinsi NTB, Pj. Wali Kota Bima ingin memastikan dukungan dan sinergi lintas sektoral untuk pembangunan masjid, mengingat masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan. Hal ini juga merupakan bentuk tindak lanjut penyampaian aspirasi pengurus masjid Al Muwahiddin Kota Bima kepada Pj. Gubernur NTB pada moment dzikir bersama dalam program Jum'at Salam beberapa waktu yang lalu.


Dengan melibatkan Biro Kesra NTB, Pj. Wali Kota Bima berharap dapat memanfaatkan sumber daya dan dukungan yang lebih luas untuk mencapai keberhasilan pembangunan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima. (SB.K)